WELCOME PARKIT INDONESIA

Mengenal Jenis Parkit Rosella

Parkit Indonesia - temen berkenalan maka Mengenal Jenis Parkit Alexandrine diperuntukan untuk para pembaca yang belum mengetahu jenis burung parkit tersebut.

Mengenal Jenis Parkit Rosella

Mengenal Jenis Parkit Rosella
Jenis Parkit Rosella

Parkit rosella adalah salah satu jenis burung parkit yang memiliki warna-warna cerah dan menarik. Burung ini berasal dari Australia dan termasuk dalam genus Platycercus. Nama rosella sendiri diambil dari nama seorang wanita Prancis yang bernama Rose de la Touche, yang merupakan istri dari seorang naturalis terkenal, Fran├žois Levaillant.

Sejarah Parkit Rosella

Parkit rosella pertama kali dideskripsikan oleh ahli zoologi Jerman, Johann Friedrich Gmelin, pada tahun 1788. Nama ilmiahnya, Platycercus, berasal dari bahasa Yunani yang berarti “ekor datar”, mengacu pada bentuk ekor burung ini. Nama spesifiknya, seperti venustus, eximius, icterotis, elegans, adscitus, dan caledonicus, berasal dari bahasa Latin yang berarti “menawan”, “luar biasa”, “kuning telinga”, “anggun”, “bergabung”, dan “Skotlandia”.

Parkit rosella mulai dipelihara sebagai hewan peliharaan sejak abad ke-19. Burung ini populer karena warna-warnanya yang indah dan kemampuannya yang cerdas. Parkit rosella juga bisa dilatih untuk bersiul atau bicara dengan suara manusia. Namun, parkit rosella juga dikenal sebagai burung yang keras kepala dan mudah stres. Oleh karena itu, mereka membutuhkan perawatan dan perhatian yang khusus.

Baca juga artikel menarik lainnya :

Ciri-Ciri Parkit Rosella

Parkit rosella memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Ukuran tubuhnya sekitar 25-37 cm, dengan berat 75-120 gram.
  • Paruhnya bengkok dan berwarna merah atau hitam, tergantung pada jenisnya.
  • Ekor panjang dan runcing, dengan warna merah, kuning, atau hijau.
  • Bulu-bulunya berwarna merah, kuning, hijau, biru, hitam, atau putih, dengan pola-pola yang bervariasi.
  • Memiliki lingkaran putih di sekitar mata dan pipi.
  • Jantan dan betina memiliki penampilan yang hampir sama, tetapi jantan biasanya lebih besar dan lebih berwarna.

Jenis-Jenis Parkit Rosella

Ada enam spesies parkit rosella yang dikenal, yaitu:
  1. Parkit rosella utara (Platycercus venustus), Burung ini juga dikenal sebagai parkit kuning atau parkit lemon. yang memiliki warna dasar kuning dengan pola hitam di kepala dan sayap. Burung ini hidup di daerah utara Australia, seperti Queensland dan Northern Territory.
  2. Parkit rosella timur (Platycercus eximius), yang memiliki warna dasar merah dengan pola hitam dan kuning di kepala dan sayap. Burung ini hidup di daerah timur Australia, seperti New South Wales, Victoria, dan Tasmania. Burung ini juga dikenal sebagai parkit merah atau parkit crimson.
  3. Parkit rosella barat (Platycercus icterotis), Burung ini hidup di daerah barat Australia, seperti Western Australia dan South Australia. Burung ini memiliki warna dasar merah dengan pola hitam dan kuning di kepala dan sayap, serta bulu ekor hijau. Burung ini juga dikenal sebagai parkit Stanley atau parkit hijau.
  4. Parkit rosella merah (Platycercus elegans), Burung ini juga dikenal sebagai parkit elegan atau parkit biru. Parkit rosella merah inimemiliki warna dasar merah dengan pola biru dan hitam di kepala dan sayap, serta bulu ekor biru. Burung ini hidup di daerah selatan Australia, seperti Victoria, South Australia, dan Tasmania.
  5. Parkit rosella kepala pucat (Platycercus adscitus), Burung ini hidup di daerah timur laut Australia, seperti Queensland dan New South Wales. Parkit rosella kepala pucat inimemiliki warna dasar hijau dengan pola biru dan hitam di kepala dan sayap, serta bulu ekor kuning. Burung ini juga dikenal sebagai parkit pucat atau parkit Mealy.
  6. Parkit rosella hijau (Platycercus caledonicus), yang memiliki warna dasar hijau dengan pola hitam di kepala dan sayap, serta bulu ekor kuning. Burung ini hidup di daerah selatan Australia, seperti Tasmania dan pulau-pulau sekitarnya. Burung ini juga dikenal sebagai parkit Tasmania atau parkit hijau.

Jenis varietas parkit rosella Hasil Persilangan

Selain itu, ada juga beberapa varietas parkit rosella yang merupakan hasil persilangan antara spesies atau subspesies yang berbeda. Beberapa contohnya adalah:
  • Parkit rosella rubino, Burung ini merupakan hasil persilangan antara parkit rosella merah dengan parkit lutino (parkit berwarna kuning atau putih).
  • Parkit rosella lutino, hasil mutasi genetik dari parkit rosella timur atau barat, sehingga menghasilkan burung berwarna kuning atau putih.
  • Parkit rosella opaline, yang merupakan hasil mutasi genetik dari parkit rosella timur atau barat, sehingga menghasilkan burung berwarna merah muda atau oranye.

Habitat Jenis Parkit Rosella

Parkit rosella hidup di berbagai habitat di Australia, mulai dari hutan, padang rumput, semak-semak, sampai perkotaan. Mereka biasanya hidup berkelompok dalam jumlah kecil atau besar, tergantung pada ketersediaan makanan dan air. Mereka aktif pada siang hari dan mencari makan di tanah atau di pohon. Makanan utama mereka adalah biji-bijian, buah-buahan, nektar, dan serangga.

Parkit rosella adalah burung yang teritorial dan akan mempertahankan wilayahnya dari burung lain. Mereka juga bisa bersuara keras dan bising, terutama saat terbang atau berkomunikasi dengan kelompoknya. Mereka memiliki suara yang bervariasi, mulai dari bersiul, melengking, sampai meniru suara manusia atau hewan lain.

Perilaku Jenis Parkit Rosella

Parkit rosella adalah burung yang cerdas dan sosial. Mereka bisa belajar berbagai trik dan suara jika di latih dengan baik. Mereka juga bisa membentuk ikatan yang kuat dengan manusia atau burung lain. Namun, parkit rosella juga bisa menjadi burung yang keras kepala dan mudah stres. Mereka membutuhkan stimulasi dan perhatian yang cukup agar tidak bosan atau depresi.

Parkit rosella juga bisa menjadi burung yang agresif atau cemburu jika merasa terancam atau tidak mendapatkan perhatian yang cukup. Mereka bisa menggigit atau mencabuti bulu mereka sendiri atau burung lain. Oleh karena itu, mereka harus di perlakukan dengan hati-hati dan kasih sayang.

Tips Memilih dan Membeli Parkit Rosella

Jika Anda tertarik untuk memelihara parkit rosella sebagai hewan peliharaan, ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk memilih dan membeli burung yang sehat dan berkualitas. Berikut adalah tipsnya:

1. Pilihlah Penjual Yang Terpercaya Dan Profesional

Carilah informasi tentang reputasi, pengalaman, dan testimoni dari penjual parkit rosella yang Anda tuju. Hindari membeli dari penjual yang tidak jelas asal-usulnya atau tidak memiliki izin resmi.

2. Pilihlah Parkit Rosella Yang Sesuai Dengan Keinginan Dan Kemampuan Anda

Pertimbangkan faktor-faktor seperti jenis, warna, ukuran, usia, jenis kelamin, harga, dan ketersediaan parkit rosella yang Anda inginkan. Sesuaikan juga dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

3. Periksalah Kondisi Fisik Dan Mental Parkit Rosella Yang Anda Pilih

Pastikan burung tersebut sehat, bersih, ceria, aktif, dan tidak menunjukkan gejala-gejala seperti kurus, lesu, menggigil, bersin, batuk, mata berair, atau bulu rontok. Juga perhatikan perilaku burung tersebut apakah jinak, agresif, atau takut.

4. Mintalah Dokumen-Dokumen Penting Dari Penjual Parkit Rosella Yang Anda Pilih

Dokumen-dokumen ini meliputi sertifikat kesehatan, vaksinasi, cincin, atau surat jaminan. Dokumen-dokumen ini berguna untuk membuktikan identitas, asal-usul, dan kesehatan parkit rosella yang Anda beli.

5. Lakukan Negosiasi Harga Dengan Penjual Parkit Rosella Yang Anda Pilih

Bandingkan harga parkit rosella yang di tawarkan dengan harga pasar atau harga penjual lainnya. Jangan ragu untuk menawar atau meminta diskon jika Anda merasa harga yang di tawarkan terlalu tinggi atau tidak sesuai dengan kualitas burung.


Demikianlah artikel yang lebih detail tentang mengenal jenis parkit rosella. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang burung parkit yang cantik dan pintar ini.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code